10 Pertanyaan Wajib Sebelum Bekerjasama Dengan Wedding Planner

2018-10-12

Memilih wedding planner yang tepat adalah sebuah keharusan bila menginginkan pesta pernikahan sempurna dan menjadi kenangan indah. Seringkali beberapa pasangan langsung menjatuhkan pilihan setelah melihat portfolio, track record ataupun jumlah project yang telah berhasil ditangani oleh wedding planner tersebut. Namun masih ada hal penting lain yang perlu diperhatikan dan ditanyakan kepada wedding planner sebelum memutuskan untuk menjatuhkan pilihan. Nah, menurut Ohana Enterprise berikut ini adalah 10 pertanyaan yang wajib ditanyakan sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan wedding planner pilihan Anda.

  1. Bisa dibuat sesuai bujet saya tidak?

Pertanyaan ini penting untuk ditanyakan pertama kali. Keterbukan sangat penting bila ingin merencanakan pernikahan dengan bantuan wedding planner. Jangan merasa gengsi ataupun ragu, karena Ohana Enterprise dapat membantu Anda untuk menentukan dan mengkalkulasi antara budget yang diperlukan dengan pernikahan impian.

  1. Apakah Waktu Anda kosong pada hari H pernikahan

Terutama jika Anda menggunakan jasa dari wedding planner populer dan terkenal. Pastikan bahwa hari pernikahan Anda masuk pada salah satu schedule-nya yang padat. Jika tidak, Anda dapat meminta rekomendasi wedding planner yang lain kepada mereka.

   3. Berapa kira-kira biaya pernikahan standar yang pernah Anda tangani?

Pertanyaan ini masih relatable dengan pertanyaan pertama karena masih berhubungan dengan dana. Anda bisa mengecek range harga yang ditawarkan bila mereka mempunyai batas bujet minimal mereka. Seperti di Ohana Enterprise, kurang lebih bujet yang akan diinformasikan kepada Anda sekitar IDR 200 juta. Hal ini akan sangat bermanfaat bila Anda belum menentukan bujet, dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan minimal bujet awal pesta pernikahan Anda.

  1. Mencakup apa sajakah pelayanan yang ditawarkan?

Terkadang informasi yang didapatkan melalui website kurang dapat dimengerti. Solusinya adalah menanyakan langsung secara detail tentang pelayanan yang diinginkan untuk pernikahan Anda. Informasi ini akan sangat membantu untuk menentukan wedding planner manakah yang akan diajak untuk bekerjasama.

  1. Wedding planner Anda spesialisasinya apa?

Akan lebih baik jika mengetahui spesialisasi dari wedding planner yang akan Anda ajak bekerjasama. Beberapa wedding planner memiliki spesialisasi dalam menangani beberapa jenis pernikahan. Dimulai dari pernikahan tradisional, kekinian, private wedding, hingga spesialisasi dalam hal detail dan hiburan.

  1. Berapa banyak event pernikahan yang sudah kalian tangani?

Pertanyaan ini juga menentukan berpengalaman atau tidaknya wedding planner yang akan bekerjasama dengan Anda. Jika menginginkan pernikahan impian, akan lebih baik jika menyerahkan hari besar Anda kepada mereka yang berpengalaman. Dalam setahun, total event yang digarap cantik oleh tim wedding planner Ohana Enterprise mencapai hingga 400 klien.

  1. Pernah menangani pernikahan lebih dari satu pada hari yang sama? Kalau iya berapa kali?

Di hari H pernikahan tentunya Anda menginginkan 100% perhatian dari mereka. Bukan berarti mengecilkan kemampuan wedding organizer pilihan Anda. Tapi jumlah pesta yang bisa ditangani biasanya berhubungan erat dengan jumlah tim dan kemampuan mereka untuk tetap fokus serta multitasking. Bagi tim Ohana Enterprise, menangani 8 sampai 12 event perhari bukanlah masalah besar, karena tim ini memiliki sumber daya yang mumpuni di bidang wedding planner.

  1. Apakah bisa mengatur pernikahan di daerah tertentu?

Pertanyaan ini kerap kali ditanyakan oleh pasangan yang menggemari konsep pernikahan di luar daerah domisilinya. Tanyakan ini jika mereka tidak menyebutkan dapat mengatur pernikahan di daerah tertentu (beberapa menyediakan paket layanan ini), Anda beruntung bila dapat menemukan organizer yang memiliki pengalaman dengan beberapa hal seperti mengatur perjalanan, mengatur farewell party, ataupun pesta lajang. Sejauh ini wilayah yang masih dicover Ohana Enterprise adalah Jakarta, Tangerang dan Bali. tetapi beberapa waktu kedepan Ohana Enterprise akan melebarkan sayap ke daerah daerah yang lain.

 9.Apakah Ada Referensi lain?

Jangan pernah malu untuk bertanya mengenai refrensi ketika anda tidak merasa cocok dengan venue atau wedding organizer Anda. Selain memperbanyak opsi, Anda juga mempunyai data untuk perbandingan.

  1. Bagaimana metode pembayaran yang digunakan?

Apakah menggunakan sistem DP, bayar 80% ataupun metode lainnya. Setidaknya Anda dapat mempersiapkannya.

Last but not least, pertanyaan terakhir ini biasanya adalah pertanyaan favorit yang selalu ditanyakan, tidak terlalu penting memang namun tidak ada salah untuk ditanyakan“Saya bisa dapat diskon tidak?”Siapa yang tidak menyukai potongan harga?

Yuk cek harga spesial seperti apa yang bisa Anda peroleh di booth Ohana Enterprise di Wedding Celebration Festival 2018, 30 Nov-2 Des 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

 

Teks: Tintin & Dini Nur

Foto: Dok. Ohana Enterprise

Pameran Wedding Terbesar di Akhir Tahun

Weddingku bekerja sama dengan Dyandra Promosindo kembali menggelar Wedding Celebration Festival 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 30 November-2 Desember 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) dan diikuti oleh lebih dari 300 vendor pernikahan. Wedding festival terbesar di akhir tahun ini memfokuskan diri bagi para calon pengantin yang sedang mempersiapkan pesta pernikahan mereka di tahun depan.