The Groom"s Guide : Perfect Suit For Your Perfect Day

2018-10-31

Meskipun pengantin wanita adalah sang ‘ratu’ yang wajib untuk tampil memukau di hari pernikahan bukan berarti pengantin pria tidak harus tampil memukau bukan? Ingatlah bahwa ini adalah hari spesial untuk Anda berdua sehingga wajib hukumnya untuk menjadikan hari tersebut momen yang tak terlupakan dalam hidup, termasuk untuk memilih busana yang memukau. Tim weddingku.com sangat beruntung memiliki waktu untuk wawancara dengan desainer senior, Richard (Richard Costume Design) dan beliau berkenan memberi panduan dalam memilih setelan jas yang tepat untuk Anda. Yuk simak...

  1. Fit Matters

Karena ini hari spesial Anda, sudah sepatutnya Anda tampil lebih ‘wah’ dari para best man ataupun keluarga. Bukan hanya pengantin perempuan saja yang layak tampil spesial tetapi Anda juga, jadi awas! Jangan sampai asal memilih model setelan. Sesuaikan model setelan dengan bentuk tubuh.  Jika bingung menentukan, dibawah Ini adalah tiga jenis model yang umum digunakan;

 

Regular fit style:

Ini adalah model yang tepat untuk yang menyukai model klasik. Model ini juga sesuai untuk pria bertubuh besar dan tidak terlalu menyukai busana yang pas badan. Potongannya yang sedikit longgar memberikan Anda ruangan lebih untuk bergerak.

Slim fit style :

Model ini sesuai untuk pria yang memiliki tubuh langsing dan menyukai busana yang pas badan. Bagi beberapa orang, model ini mungkin kurang nyaman ataupun sesuai.

Tailored style:

Bagi yang menyukai model slim fit namun masih ingin memiliki ruang gerak yang cukup, bisa mencoba model ini. Dibuat khusus untuk mengikuti tubuh anda namun nyaman untuk digunakan.

 

  1. Time to Sleeve

Jas pria hampir semua memiliki basic cutting yang sama, hanya bentuk krah yang biasanya disesuaikan dengan selera atau keinginan dari pemakainya. Kerah yang umum digunakan adalah notched collar yang memiliki kerah berlekuk dan peaked collar yang memiliki kerah memuncak. Sedangkan untuk pria yang menyukai kesan elegan dan tajam, Anda dapat menggunakan pilihan mandarin suit atau juga disebut nehru collar. Gaya ini menggunakan model mengancingkan seluruh kancingnya. Terlihat klasik dan sering digunakan dalam pernikahan bergaya oriental atau bernuansa india, atau timur tengah. 

 

  1. Which better?

Single breasted atau double breasted? Terkadang memang kedua gaya ini menjadi pertimbangan, single-breasted seperti namanya hanya memiliki satu line kancing, uniknya model ini memiliki satu, dua atau tiga pilihan kancing, yang berkancing satu biasanya cocok digunakan untuk acara makan malam. Jenis ini cocok digunakan untuk pria yang memiliki tubuh atletis. Untuk para pria yang memiliki tubuh besar, single ataupun double breasted dapat menjadi opsi. Gunakan celana tailored made sehingga Anda mendapat cukup ruang gerak, namun tidak menutupi postur badan. Hal ini berlaku juga bagi pemilik tubuh cenderung kurus, double breasted adalah pilihan yang tepat karena akan memberikan efek ‘berisi’ pada pundak.

 

  1. Pocket Please..

Salah satu yang paling formal dan elegan adalah jetted pocket, yaitu jenis kantong yang dijahitkan ke dalam jas dengan bagian dalam kantong yang bergantung keluar. Model jahitan yang hampir tidak terlihat menjadikan kantong jenis ini menjadi salah satu jenis yang sangat diterima sebagai pakaian untuk acara formal dan acara-acara resmi lainnya, jika Anda pernah melihat long tailed suit dan james bond suit disitulah jetted pocket ini bertengger. Sedangkan Patch pocket sendiri adalah kebalikan darijetted pocket yang umumnya digunakan pada blazer-coat, dan sport coat.

 

  1. The most adored style is....

Ada banyak jenis jas pengantin yang berdar di pasaran, namun pastikan Anda mengetahui gaya dominan dari jas tersebut. Seperti yang diinformasikan oleh Richard terdapat tiga jenis bentuk jas favoit yaitu; american style, british style dan italian/european style.

 

American style

Gaya ini cocok untuk anda yang bertubuh besar, mempunyai karakteristik berpotongan straight, mempunyai lubang lengan yang rendah, flapped pocket, tidak mempunyai bantalan bahu atau padding, single vented, dan mempunyai tiga buah kancing pada lengannya. Sedangkan potongan full cut dan no pleats di celana adalah karakteristik yang lainnya.

British style

Untuk pria yang bertubuh atletis gaya ini adalah opsi yang sesuai meskipun jenis tubuh atletis umumnya cocok menggunakan model apapun. Model ini memiliki karakteristik jaket yang terbuat dari kanvas keras, desain bahu yang terstruktur, dibuat dengan single/double breasted, memiliki hacking pocket, desain lengan potongan surgeon cuf dan memiliki karakteristik celana dengan modelhigh waisted serta terdiri dari single ataupun double pleates.

Italian style

Memiliki potongan ramping serta stylish yang mencerminkan figur pria-pria Italia. Model ini cocok digunakan oleh pria yang memiliki tubuh ‘langsing’ dan atletis. Jas model ini dapat dikenali dari karateristik jas yang memiliki kain ringan, unstructured shoulder, siluet yang ramping serta rapi, high button, dan biasa dibuat pas badan. Untuk karakteristik celananya biasa dibuat ketat di bagian pinggang.

Setiap orang memiliki model favoritnya sendiri, namun kepercayaan diri lah yang membuat semua yang Anda kenakan menjadi tampak menawan dan mengagumkan. Karenanya jadikan hari pernikahan Anda sebagai momen yang tepat untuk bersinar. Yuk, pilih wedding suit mu segera. Dan jangan lewatkan kesempatan untuk memilih koleksi jas berkualitas dari Richard Costume Design di Wedding Celebration Festival 2018 tanggal 30 Nov-2 Des 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

 

 

Teks : Tintin by DiniRaja Editorial

Foto :Dok. Richard Costume Design

Pameran Wedding Terbesar di Akhir Tahun

Weddingku bekerja sama dengan Dyandra Promosindo kembali menggelar Wedding Celebration Festival 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 30 November-2 Desember 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) dan diikuti oleh lebih dari 300 vendor pernikahan. Wedding festival terbesar di akhir tahun ini memfokuskan diri bagi para calon pengantin yang sedang mempersiapkan pesta pernikahan mereka di tahun depan.