Wedding Budget 101: Kiat Mudah Atur Budget Pernikahan

2018-10-26

Suatu sore yang cerah di salah satu gerai kopi di kota pahlawan saya mendengar kedua sahabat saya bergosip hangat perihal pernikahan salah satu teman kami. Ya, di usia ‘siap dipinang’ seperti kami topik semacam itu bukanlah hal baru yang mengejutkan. Dua gelas kopi dan sepiring cookies telah kami habiskan hingga tiba-tiba pembahasan tentang budget proper pernikahan terlontar dari mulutnya.

“Memang kalo nikah tuh pasti mahal” ucapnya tanpa basa basi. Well ya, siapa yang bilang sewa gedung, gaun, bulan madu ditambah segala perintilannya itu murah, tapi... belum tentu juga bisa dibuat customize  bukan? Nah berikut ini Ohana Enterprise memberikan beberapa kiat mudah untuk mengatur budget pernikahan.

  1. Gunakan penghitung budget pernikahan otomatis.

Dewasa ini sudah banyak tersedia penghitungan budget pernikahan otomatis yang dapat diakses secara online. Tidak ada salahnya untuk membuat simulasi penghitungan sehingga Anda dan pasangan dapat mengira-gira jumlah budget yang dibutuhkan dan mengalokasikan dana dengan tepat.

  1. Go Online

Tak bisa disangkal bahwa internet kini makin merajalela. Bahkan sekarang lebih banyak orang yang memilih surat elektronik ketimbang surat tradisional. Momen ini bisa Andamanfaatkan untuk menyebarkan undangan anda secara online. Mungkin beberapa orang merasa bahwa cara ini kurang personal dan kurang ‘meyentuh’ secara emosional, namun tidak ada salahnya untuk dicoba kok, percayalah bahwa mengirim secara online pun masih mendapatkan kesan ‘personal’

  1. Diskusikan dengan pasangan dan keluarga besar

Ada beberapa pandangan yang mengatakan bahwa urusan pernikahan dan segala jenisnya diurus oleh salah satu keluarga saja, entah mempelai pria atau wanita. Namun akan lebih baik jika kedua pihak keluarga saling dilibatkan untuk mendiskusikan masalah pernikahan, terutama tentang budget, jumlah orang yang diundang, persewaan gedung, catering, lokasi serta tempat pernikahan, tema pernikahan, serta waktu dan tanggal dilangsungkannya pernikahan. Meskipun keputusan final ada di tanganAnda dan pasangan, ide dan pertimbangan dari keluarga besar juga dapat sangat membantu.

  1. Alokasikan dana dengan benar

Terkadang di momen istimewa terjadi ‘kebocoran’ dana yang tak diduga. Nah untuk menghindari hal ini akan lebih baik untuk membuat list alokasi dana yang akan digunakan untuk menghindari kebocoran.

  1. Perhatikan dengan benar setiap detail pengeluaran

Ketika berbicara tentang pernikahan, harus memperhatikan seberapa banyak porsi dana yang Anda keluarkan untuk dialokasikan ke beberapa kebutuhan. Misalnya ; 48-50% dana untuk resepsi, 2-3% untuk upacara pernikahan, 3% untuk pakaian, dan lain sebagainya, 5% sisanya gunakan sebagai dana cadangan pengeluaran yang tidak terduga.

Pernikahan adalah momen yang tak terlupakan dalam hidup, sudah selayaknya sang ratu dan raja mendapatkan yang terbaik. Maka dari itu nikmatilah proses dengan sebaik-baiknya dan jangan terlalu tertekan ketika merancang pernikahan impian anda.

Untuk konsultasi lebih lanjut, kunjungi booth Ohana Enterprise di Wedding Celebration Festival 2018 tanggal 30 Nov-2 Des 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

 

 

Teks Tintin by DiniRaja Editorial

Photo by Dok. Ohana Picture

 

 

Pameran Wedding Terbesar di Akhir Tahun

Weddingku bekerja sama dengan Dyandra Promosindo kembali menggelar Wedding Celebration Festival 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 30 November-2 Desember 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) dan diikuti oleh lebih dari 300 vendor pernikahan. Wedding festival terbesar di akhir tahun ini memfokuskan diri bagi para calon pengantin yang sedang mempersiapkan pesta pernikahan mereka di tahun depan.